Mazda Bangun Pabrik Perakitan di Indonesia Masih Wacana

Kehadiran Mazda di Indonesia saat ini didatangkan dengan status Completely Build-Up (CBU) dari Jepang, Thailand dan Malaysia oleh PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI). Ternyata, wacana untuk melokalkan produk Mazda sudah dimulai.

Fedy Dwi Parileksono, Head of Departement Publik Relation and Media Communications, mengatakan ada kemungkinan untuk PT. EMI membangun pabrik untuk merakit produk Mazda di Indonesia, sehingga berstatus Completely Knock Down (CKD).

“Lokalisasi produk saya belum bisa berkomentar, tapi kita lihat juga sih ada tendensi ke situnya bagaimana. Tapi itu masih dalam pembahasan yang sangat intensif dari pihak Mazda corporation itu sendiri,” ujar Fedy, di sela-sela Media Drive Mazda CX-30, di Bandung belum lama ini.

Sayangnya, fedy belum bisa menjelaskan lebih detail mengenai wacana perakitan produk tersebut. Sebab, pembicaraan mengenai hal tersebut masih sangat intensif.

Menurut Fedy, ada banyak hal yang dipertimbangkan oleh Mazda untuk membangun fasilitas produksi di Indonesia. Namun, sayangnya belum ada detail yang bisa dibocorkan untuk saat ini. Dengan dilokalkannya produk Mazda, tentu bisa menekan harga penjualan menjadi lebih terjangkau dibandingkan dengan mendatangkannya secara CBU.

Sumber : Kompas.com

Write a comment