Mazda Sulit Jualan Sedan Di Indonesia

Di antara sekian banyak merek mobil di Indonesia, tak banyak yang masih bertahan memasarkan sedan. Salah satunya adalah Mazda dengan produk andalannya, All New Mazda 3 Sedan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019 tentang barang kena pajak yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor yang dikenai PPnBM, dasar pengenaan tarif PPnBM tidak lagi pada bentuk bodi kendaraan. Melainkan besaran emisi gas buang atau efisiensi bahan bakarnya.

Lebih detail, pada skema baru itu semua mobil penumpang berbahan bakar fosil yang kapasitas silindernya di bawah 3.000 cc, dikenakan PPnBM sebesar 15 persen, 20 persen, 25 persen, dan 40 persen berdasarkan keluaran CO2 dan konsumsi bahan bakar.

Sementara ini, penjualan mobil sedan umumnya untuk keperluan pemerintah, kendaraan polisi, dan lainnya. Belum begitu banyak yang membeli sedan untuk keperluan pribadi.

Sebagai informasi, sedan adalah segmen kendaraan paling kecil di industri otomotif nasional. Berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2018, penjualan sedan hanya sebanyak 6.268 unit dari 1.1 juta unit atau tidak sampai 1 persennya.

Sumber : Kompas.com

 

Write a comment