Mematikan AC Bikin Konsumsi Bensin Jadi Lebih Irit? Mitos atau Fakta

Mengingat volume kendaraan dan macetnya jalanan ibukota yang tidak bisa di prediksi, musibah kehabisan bensin bisa jadi salah satu permasalahan yang pernah dialami oleh pengemudi mobil.

Biasanya, yang dilakukan pengemudi mobil ketika indikator bensin sudah menyentuh E, adalah mematikan sistem penyejuk udara (air conditioner) alias AC, alih-alih punya jarak tempuh lenih jauh. Dengan kata lain, agar bensin yang sudah tiris bisa lebih irit lagi dikonsumsi mobil.

Apakah upaya ini efektif?

Bagi mobil yang bensinnya boros seperti mobil ber-cc besar atau mobil tua memang sangat berpengaruh, namun kalau untuk mobil LCGC atau mobil skyactiv (teknologi di mobil Mazda) yang sudah efisien dan irit bahan bakar sekarang itu sudah tidak signifikan.

Mematikan AC ketika indikator bensin E (empty) memang bisa menyebabkan beban mesin menjadi berkurang, tetapi tidak terlalu signifikan terutama dalam kondisi macet.

Menyalakan AC memang akan meningkatkan kinerja beban mesin, jadi ketika AC dimatikan otomatis beban mesin akan berkurang sehingga bisa lebih irit bahan bakar.

Sumber : kompas.com

Write a comment